berkendara dengan baik

tanya dong. kalian pernah ditilang ga? aku pernah beberapa kali. setelah kupikir-pikir, semuanya karena hal sepele: melanggar rambu dan lampu lalu lintas.
kenapa kubilang sepele? karena kalau aku menghitung ulang,maka aku menyadari betapa mudah dan murahnya mencegah tilang itu. dan betapa sia-sianya uang dan waktu yang harus kukeluarkan gara-gara pelanggaran itu.

kenapa aku nulis ini? karena aku lihat begitu banyak orang yang sepertinya mengabaikan hal-hal kecil dalam berkendara. seperti tidak membawa sim/stnk, tidak bawa helm, melanggar lampu merah, dsb. sepertinya mereka belum pernah ditilang dan kehilangan uang demi hal remeh temeh seperti itu. apalagi dengan adanya peraturan baru, sekarang denda pelanggaran lalu lintas menjadi lebih besar.

coba bayangkan jika ada seseorang yang naik motor tapi ga pakai helm karena hanya pergi di sekitar kompleks/perumahan saja. asumsinya, tidak akan ada pemeriksaan oleh polisi. tetapi dia lupa, bahwa memakai helm bukanlah untuk aman dari polisi, tapi aman dari benturan di kepala. sedekat apapun kita naik motor, tetap ada resiko kecelakaan dan benturan di kepala. akibat paling parahnya adalah kematian. resiko kematian itu bisa diminimalisir hanya dengan memakai helm seharga kurang dari 200ribu. murah bukan?

jadi, tolonglah perhatikan keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan. sim/stnk harus ada, helm dipakai kalau naik motor, sabuk pengaman dipasang kalau naik mobil (untuk semuanya, pengemudi ataupun penumpang), patuhi rambu dan lampu lalu lintas. beri kesempatan pada orang/kendaraan lain, demi keselamatan bersama 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *