bonus sms menjebak

berhati-hatilah wahai pemakai simpati. iming-iming bonus 500 sms setelah ngirim 12 harus diperhatikan dengan cermat. kalo nggak, rugi kayak aku nih (idiot)

alkisah, aku sudah mengirim 12 sms dan mendapat sms pemberitahuan dari 222. katanya, “selamat, anda mendapatkan bonus opr 1 sebesar 500 sms. utk cek bonus tekan *889#.” kutekanlah tomboltombol itu. ternyata, “anda tidak memiliki account gratis.” tapi setelah ngirim sms percobaan dan ngecek di *887#, katanya sms terakhir gratis. inilah keanehan pertama.

lama setelah itu, aku cek lagi. ternyata kuota sms gratisnya ada, katanya 460an. sore pun menjelang, mendekati waktu berbuka aku cek sms gratis lagi, ternyata disebutkan aku 460an sms gratis opr 1. sebenarnya inilah keanehan kedua karena aku sudah beberapa kali sms hingga sore tetapi jumlah bonusnya malah tetap. aku menyadarinya tapi ga peduli.

karena smsnya masih banyak, aku pun memanfaatkannya untuk mengucapkan selamat berbuka ke teman-teman. dan terkirimlah puluhan sms itu. kalau ditambah juga saling balas dari beberapa di antaranya, mungkin tembus sampai seratus sms (thinking)

malam semakin larut, aku pun iseng ngecek pemakaian terakhir. ternyata disebutkan sms terakhir memotong pulsa! langsung kucek bonusnya, ternyata tetap dinyatakan bonus masih ada 460an sms. dan terakhir aku cek pulsaku. sejak terakhir kali aku ngecek pulsa, ternyata pulsaku terpotong hampir 15RIBU!

gimana bisa pulsa kepotong sebanyak itu kalau bonus sms masih banyak? akhirnya aku adukan masalah ini ke mbak veronica. katanya, refund (kalaupun ada) akan dilakukan paling lambat dalam waktu 3 hari. tapi aku yakin ga akan ada refund.

dan benarlah dugaanku setelah aku lihat web telkomsel. di situ disebutkan, bonus sms terbagi atas 2 periode, siang dan malam. bonus sms siang 500 hanya bisa dipakai hingga pk 17. setelah itu bonus hangus dan ganti ke modus bonus sms malam: 100 sms gratis setelah ngirim 12 sms.

jadi, sms berbuka puasa yang kukirimkan tadi itu tidak memotong bonus tapi malah masuk modus baru. kalau kuhitung-hitung, pulsa 15 ribu itu cukup untuk hampir 100 sms. sedangkan ditambah bonus 100 sms dan 12 sms yang diperlukan buat mendapatkan bonus, maka jumlah sms yang kukirimkan sore-malam itu lebih dari 200 sms! (doh)

nah, udah tau kan gimana ruginya kita kalo ga tau? 😀

ini ceritaku, mana ceritamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *