lampu motor siang hari

ketika program menyalakan lampu motor di siang hari didengungkan pertama kali, aku sih setuju-setuju aja. tetapi ketika dijadikan aturan dan masuk dalam uu lalu lintas aku tidak setuju.

dan akhirnya ketika kemarin untuk pertama kalinya aku kena tilang karena tidak menyalakan lampu motor di siang hari, ketidaksetujuanku itu memuncak :X . karena apa? karena hukum di negara ini tidak bisa diandalkan. mereka hanya memangsa orang kecil & lemah dan membiarkan orang besar & kuat, dalam hal ini besar dan kuat hartanya. kalo kata orang sih, hukum kita seperti pisau: tajam ke bawah & tumpul ke atas (angry)

beberapa bentuk kekesalan yang pernah kutahu tentang program ini adalah:
– dasarnya program ini dijalankan adalah hasil studi di amerika serikat dan beberapa negara eropa, salah satu contohnya di sini. tetapi di sana program ini ditujukan untuk pengendara mobil, bukan motor karena memang motor tidak banyak. lalu kenapa di indonesia hanya motor saja? kenapa tidak mobil juga? karena pendahuluan aja mungkin (unsure)
– ada juga yang mempermasalahkan iklim yang berbeda. di sana ada 4 musim, yang kalo di musim dingin di siang haripun tampak gelap. kita tidak pernah merasakan musim dingin yang gelap walaupun di siang hari.
– apa buktinya bahwa angka kecelakaan sepeda motor berkurang dengan program ini? apakah semua motor yang kecelakaan semenjak uu itu berlaku adalah motor yang tidak menyalakan lampu? (annoyed)
– kenapa saklar motor off tidak ditiadakan saja? ganti dengan saklar lampu senja & lampu utama. jadi kalau di perkampungan lampu utama masih bisa dimatikan (thinking)
– seolah-olah motorlah penyebab utama kecelakaan. padahal tidak. penyebab utamanya adalah perilaku berkendara yang biadab. kenapa? karena tidak pernah sekolah mengemudi. kenapa tidak pernah? karena sekolah semacam itu TIDAK ADA! (taser)
– dll

kesimpulanku adalah, program ini hanyalah satu lagi usaha instan di negara kita. karena kita tidak bisa membenahi kepolisian terkait dengan proses pembuatan sim yang amburadul karena tidak adanya sekolah mengemudi dan praktek percaloan sim yang tidak pernah bisa digunduli habis.

tulisan ini mungkin efek dari kena tilang, karena pada dasarnya aku taat aturan. hanya lagi sial aja waktu itu karena lampunya pas dimatiin, padahal biasanya nyala (idiot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *