jangan ganti simcard ke 4g kalau belum baca ini

beberapa hari yang lalu saya mendatangi grapari padalarang, kab bandung barat. niatnya sih ingin mengganti kartu simpati saya ke 4g. artikel ini adalah pengalaman saya waktu itu. setelah masuk ruangan, saya ditanya keperluannya apa. saya bilang mau ganti kartu ke 4g. lalu mulailah saya diberi penjelasan yang, menurut saya, sangat lengkap.

ada beberapa hal penting yang disampaikan.

  • pertama, proses penggantian kartu berlaku irreversible, alias tidak bisa diganti kembali ke kartu 3g. katanya stok kartu 3g udah ga ada lagi. kalau mau pakai kartu 3g, berarti harus beli nomor baru.
  • kedua, pastikan bahwa tempat kita menggunakan hp 4g akan ada sinyal. kalaupun di web resmi sudah ada info bahwa daerah kita dinyatakan masuk cakupan jaringan 4g, namun secara riil harus dipastikan dulu. bagaimana cara untuk mengetahuinya? ya dengan beli kartu 4g lalu coba dulu. hal ini penting karena poin di atas.
  • ketiga, pastikan bahwa hp kita bisa menggunakan kartu 4g. karena ada kasus 2 buah hp yang sama (merk buah kegigit), milik suami-istri (dibeli di tempat yang berbeda, satunya di outlet resmi, satu lagi di toko biasa), tetapi perilaku keduanya terhadap jaringan/kartu 4g bertolak belakang. hp yang dibeli di outlet resmi bisa mendeteksi 4g dan bisa digunakan untuk internetan, sedangkan yang satu lagi SAMA SEKALI tidak bisa digunakan internetan, bahkan untuk 3g. intinya, beda hp (bahkan merk sama tapi beda tempat beli seperti kasus di atas) bisa jadi perilakunya berbeda. jadi sekali lagi kita harus pastikan hp dan

setelah mendengarnya, saya pun batal mengganti kartu. saya harus pastikan dulu hp dan tempat saya tinggal bisa digunakan di dalam jaringan 4g.

dalam perjalanan pulang, saya langsung membeli perdana simpati 4g. ternyata stok yang ada semuanya berukuran nano. namun kata penjualnya, nanti akan dapat adapter simcard. sepemahaman saya, barang itu gratis dari operator (di dalam paket perdana), tapi ternyata terpisah. keduanya harus ditebus 20rb, dengan harga perdana yang tercantum di paketnya adalah 10rb. dasar, ternyata kita dimanfaatkan oleh mereka 😀

segini dulu, nanti diedit lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *