Pengalaman Memperpanjang STNK di Padalarang

hari selasa yang lalu saya memperpanjang stnk di samsat padalarang. saat tiba di sana sekitar pukul 08.20, sudah terlihat banyak orang berdiri di sekitar pintu masuk utama (saya masuk dari pintu belakang). saya pikir, sepertinya akan lama, padahal saya ijin dari kantor. tapi, tetap saja saya coba lakukan hari itu juga.setelah mencari-cari banner tentang informasi alur/cara memperpanjang stnk (tapi ga ketemu), akhirnya saya menuju meja customer service dekat pintu masuk utama. di sana saya menanyakan bagaimana prosedurnya. katanya langsung menuju loket pajak progresif ga jauh di sebelahnya. saya pun ke situ dan diberitahu agar mengambil map (tersedia banyak & gratis) lalu masukkan persyaratan yang diperlukan (untuk perpanjangan, hanya ktp & stnk asli). setelah itu tumpuk di loket itu juga.

tumpukan tersebut kemudian dibawa petugas ke loket 1 bagian formulir. setelah itu kita hanya bisa menunggu dipanggil. proses pemanggilan ini baru dimulai pk 08.30, jadi saya tidak perlu menunggu terlalu lama seperti orang2 yang sudah datang entah dari jam berapa. padahal awalnya saya berpikir bahwa saya terlambat sehingga akan membutuhkan waktu lama di samsat itu.

saat dipanggil dari loket 1, kita akan diberi kertas cetakan berisi info nama, no plat, dll, lalu disuruh menunggu panggilan dari loket pembayaran. lama waktu antara pengumpulan berkas hingga dipanggil di loket 1, kira-kira 45 menit. namun panggilan dari loket pembayaran mungkin ga sampai 10 menit. kenapa lebih cepat? mungkin karena formulir yang dikumpulkan di loket 1 bercampur antara perpanjangan stnk dengan yg lainnya (balik nama, mutasi, perpanjangan 5 tahun, dll). jadinya setelah dari loket 1, mereka menyebar ke banyak loket dan tidak bertumpuk di 1 loket pembayaran.

setelah membayar, kertas tadi diberi cap lunas dan kita diberi lembaran biru berisi info asuransi jasa raharja. lalu kita harus menunggu untuk dipanggil di loket berikutnya, yaitu loket pengesahan stnk.  saat menunggu, kita juga dapat melihat status proses pengesahan di monitor.

total waktu yang saya butuhkan hanyalah 1 jam lebih sedikit (kurang dari 10 menit). jauh berbeda dengan apa yang dikatakan orang bahwa kita harus masukkan formulir pagi hari lalu tinggalkan dan urus kembali sorenya. atau dibilang perlu ijin setengah hari kerja.

demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat

*foto-foto menyusul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *