Pengalaman Mutasi Keluar Mobil Di Samsat Soreang

siapa yang punya mobil dengan nopol dari luar daerah domisili? sebaiknya anda pindahkan mobil itu ke samsat terdekat, atau istilahnya mutasi. selain nopolnya ganti, bpkbnya juga akan ganti nama & anda jadi pemiliknya. kalau anda tinggal di area samsat soreang kabupaten bandung yang ingin mutasi keluar mobil, silakan simak pengalaman saya berikut.

langkah pertama untuk mutasi keluar mobil dari Samsat Soreang adalah dengan memfotokopi dokumen (bpkb, stnk & pajak, ktp pemilik baru yg akan di bn kan) lalu cek fisik. namun untuk lebih jelasnya, siapa tahu ada perubahan, silakan tanya ke loket/bagian terdepan di dalam gedung. petugas akan memberikan secarik kertas berisi syarat yang diperlukan.

tempat fotokopi sudah ada di dalam area samsat, jadi ga perlu keluar/jalan jauh. hanya saja tempatnya sempit, sementara orang yg ingin fotokopi banyak. antriannya pun tidak jelas, jika beruntung, anda yg masuk belakangan bisa selesai duluan. jika sial, anda yang masuk di awal baru dilayani belakangan. jika sudah dilayani, serahkan dokumen yang akan difotokopi, lalu bilang saja keperluannya apa. apakah itu mutasi masuk/keluar, stnk 1 tahun, 5 tahun, bbn, dll. petugas akan memfotokopi sesuai keperluan, kayaknya mereka sudah hafal dengan itu. jika sudah difotokopi, dokumen akan dimasukkan ke map biru. jangan lupa, siapkan uang receh (kelipatan 2, 5, dan 10 ribuan yg agak banyak kalau mau ke sini. setelah ini, lanjut ke cek fisik.

saat cek fisik, kendaraan yg mutasi keluar harus difoto dulu. tapi kalau balik nama tidak perlu foto. cek fisik memakan waktu tunggu cukup lama karena antrian tidak jelas & harus merebut hati sang petugas gesek tiap kali dia beres gesek 1 mobil. tapi kalau cek fisik motor sih lebih teratur, karena motor dibariskan. setelah difoto, kita akan diberi formulir yg ada fotonya, lalu noka nosin digesek, lengkaplah sudah. serahkan saja ke petugas di tenda cek fisik. mereka akan periksa, cap-cap, lalu kembalikan ke kita. beres deh

setelah dokumen & cek fisik lengkap, silakan setor semuanya ke loket mutasi keluar. lalu tunggu di dekat situ sambil berdiri, karena petugas tidak dilengkapi pengeras suara. jadi ketika dipanggil, kita harus pasang telinga baik-baik dan berharap ada yg mau membantu panggilkan (pengeras suara versi manusia). di loket itu kita akan ditagih 75rb (resmi), lalu disuruh tunggu 1 bulan & baru datang lagi. salah seorang yg akan mengambil berkas yg saya ajak ngobrol bahkan sudah lebih dari 1 bulan dan sudah lebih dari 2 kali datang namun belum beres juga.

semoga pak bupati bandung bisa melihat samsat soreang ini dan membuat pelayanannya meningkat dan urusan rakyatnya jadi lebih cepat beres.

biaya lain: fotokopi 1 set 8rb, map biru antara 2-3rb, sumbangan ke petugas cek fisik sukarela (bayangin aja, dia harus masuk kolong mobil, tiduran di tanah/plester yg panas, berkotor-kotor, dimaki orang yg ga sabaran, dll).

hal penting lain:
– atm di samsat soreang hanya milik bjb. kalau rusak, atm lain yg terdekat adalah milik bri.
– kalau datang pagi, jangan parkir mobil di dekat jalan menurun menuju gedung, karena akan ketutupan mobil lain di belakangnya.
– bawa minum & makanan/cemilan kalau perlu, lumayan utk membunuh waktu saat menunggu.

semoga bermanfaat.

One Reply to “Pengalaman Mutasi Keluar Mobil Di Samsat Soreang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *