Jalur Alternatif Jakarta Bandung

Sejak Januari 2017, jalur normal dari Jakarta (tepatnya Jabodetabek sih, dan juga dari Cirebon via tol Cipali. Pokoknya yang mau lewat Cipularang 😀 ) ke Bandung terhambat karena ada kerusakan jembatan Cisomang di jalur tol Cipularang KM99. Akibatnya, kendaraan besar tidak boleh lewat area tersebut dan harus keluar di gerbang tol (GT) berikut.

Bagi yang berasal dari Bandung, keluarnya di GT Padalarang (KM 121+400) atau Cikamuning (KM 116+700) dan baru boleh masuk kembali ke jalan tol melalui GT Sadang (KM 75+200) atau Jatiluhur (KM 84+600). Sedangkan bagi yang menuju ke Bandung, keluarnya di GT Sadang atau Jatiluhur dan baru boleh masuk kembali ke jalan tol melalui GT Padalarang.

Akibat pengalihan arus ini, jalur Cianjur-Padalarang dan Purwakarta-Padalarang menjadi padat dan macet parah. Durasi perjalanan dari Jakarta-Bandung dapat meningkat menjadi 7 jam di dinihari hingga lebih dari 10 jam di pagi-siang hari. Contoh kasus, rombongan bis dari Depok yang berangkat pk 01 dinihari baru sampai Bandung pk 08 atau mencapai 7 jam, padahal dinihari lho. Bayangkan jika perjalanan dilakukan pagi harinya, pasti jauh lebih lama.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, ada beberapa jalur alternatif yang layak dicoba sebagai berikut.

  1. Via Subang. Perjalanan mungkin menjadi lebih jauh, tetapi durasi lebih pendek karena masih sedikit yang ambil jalur ini. Resiko lain adalah kemungkinan jadi mabuk perjalanan lebih besar karena jalurnya berkelok-kelok dan naik-turun. Jangan lupa siapkan obat anti mabuk perjalanan 😀 Satu catatan lagi, mungkin di akhir pekan/jelang libur panjang akan sama saja durasinya (atau lebih parah :D)karena jalur Lembang-Bandung dan sebaliknya saat itu sangat padat. Biasalah, Bandung gitu lho 😀
  2. Via Puncak-Cianjur. Artinya kembali lagi ke rute lawas ketika tol Cipularang belum ada. Namun durasi di sini juga bisa sangat lama karena berdasarkan pengalaman orang lain, terjadinya kemacetan justru menjelang masuk Padalarang. Kemungkinan ini terjadi karena adanya sistem buka/tutup arus lalu lintas di Padalarang. Bayangkan saja padatnya arus lalu lintas yang terjadi akibat penumpukan kendaraan dari arah Cianjur dan Purwakarta.
  3. Via Jonggol. Ini adalah jalur alternatif Bekasi-Jonggol-Cileungsi-Ciranjang. Dengan lewat sini, kita ga perlu lewat Puncak/Cianjur sehingga cukup menghemat waktu perjalanan. Tembusnya langsung dekat Cipatat/Padalarang. Beberapa rombongan bis yang saya ketahui berangkat pagi dari Bekasi/Jakarta, ke Bandung lewat sini dengan durasi sekitar 6 jam saja.

Demikian daftar jalur alternatif Jakarta-Bandung yang saya ketahui. Jika ada masukan atau koreksi, silakan tulis di komentar. Semoga perjalanan Anda menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *