Cara ke Big Bad Wolf Mason Pine Hotel

Tak lama lagi pameran buku diskon Big Bad Wolf di Mason Pine Hotel (MPH) Kota Baru Parahyangan (KBP) (klik untuk buka Google Maps) dimulai. Sejak tanggal 28 Juni (26 & 27 Juni preview) – 8 Juli 2019, para pecinta buku tentu akan berbondong-bondong mendatangi lokasi pameran itu. Tapi mungkin ada yang belum tahu bagaimana akses menuju ke lokasi. Untuk itulah tulisan ini aku buat. Selamat menyimak & silakan komen ya kalau ada pertanyaan.

  1. Dari Bandung
    a. Kendaraan pribadi
    Pengguna mobil/taksi/taksol bisa menuju KBP dengan mengakses tol Padaleunyi dan keluar di Gerbang Tol Padalarang (Timur). Begitu keluar tol akan ketemu lampu merah, dari situ wajib lurus dan sudah masuk kawasan KBP. Kemudian ada persimpangan Y, jika ke kanan akan menuju bundaran Puspa Iptek Sundial, Padalarang, Cianjur, Puncak, Purwakarta dll. Silakan ambil kiri yang menuju ke arah KBP/MPH.

    Dari situ lokasi MPH terletak sekitar 2 km. Jalannya lebar dan relatif sepi kalau sedang tidak macet. Pulangnya bisa via tol melalui jalur masuk tadi. Dari MPH ke arah keluar KBP, setelah sampai di bundaran Puspa Iptek Sundial ada 2 pilihan arah, belokan pertama ke kiri (arah Cianjur/Purwakarta juga) lalu setelah keluar gerbang KBP belok kanan. Alternatifnya, tetap di bunderan setelah belokan pertama tadi lalu ambil belokan kiri kedua yang langsung ke arah lampu merah tol.

    Sedangkan pengguna motor dari Bandung harus menuju Cimahi terlebih dulu via Cibereum atau Gn Batu. Di jalan Gatot Subroto bisa lewat jalan Lurah. Alternatifnya bisa lewat RS Dustira lalu menelusuri jalan samping rel kereta (jl Warung Contong) via Pondok Dustira dan tembus di Perumahan Lembah Teratai. Lalu lanjut ke arah Padalarang hingga ke lampu merah GT Padalarang. Di sini ambil/belok kiri lalu ambil kiri lagi di persimpangan Y seperti bahasan di atas.

    b. DAMRI
    Cara paling mudah naik angkutan umum adalah dengan DAMRI trayek Alun-alun – KBP. Dari alun-alun bis ini akan melewati perempatan Paskal-RSHS menuju Dr Djundjunan lalu tol Pasteur. Biaya / tiket / karcis bis ini sekitar Rp. 10.000 jauh/dekat. Durasi perjalanan dari alun-alun 1-1,5 jam kalau lancar. Bisnya ber-AC, nyaman. Turunnya bisa langsung di depan MPH karena memang lewat. Untuk pulang, naiknya juga gampang, dari halte di seberang MPH alias di Masjid Al Irsyad Satya (yang didesain oleh Ridwan Kamil).

    Alternatif lain, naik DAMRI Alun-alun – Ciburuy. Tapi durasi lebih lama karena ga lewat tol dan hanya bisa sampai depan KBP saja, untuk ke MPH perlu angkutan lain.

    c. Angkot
    Dari Bandung, angkot yang menuju ke Padalarang hanya ada 2, yaitu Stasiun Bandung-Cimahi dan Leuwi Panjang-Cimahi. Berhubung keduanya sebenarnya hanya sampai Cimahi, maka harus dipastikan dulu ke supirnya apakah angkotnya ke Padalarang atau tidak. Nanti turunnya hanya di depan KBP saja sehingga untuk ke MPH perlu angkutan lain. Biaya dari Stasion/Lw Panjang ke KBP sekitar Rp. 15-20.000 dengan durasi 1-2 jam. Untuk baliknya, naik angkotnya bisa dari depan KBP tapi agak jarang. Yang lebih banyak angkotnya, naiknya dari lampu merah GT Padalarang.

    d. Kereta
    Kalau mau naik kereta (KRD), bisa naik yang jurusan Cicalengka-Padalarang atau Cibatu-Purwakarta, keduanya berhenti di Padalarang. Biayanya bervariasi tergantung naiknya dari mana. Jadwal juga banyak, sampai jam 22 (Cicalengka-Padalarang). Turun di Padalarang berarti masih jauh dari MPH. Silakan lanjut dengan ojol/taksol saja, karena angkutan umum di dalam area KBP cuma ada DAMRI dengan waktu kedatangan yang tidak pasti walaupun diklaim akan lewat 30 menit sekali.
Jadwal KRD Bandung Raya Padalarang – Cicalengka
Jadwal KRD Bandung Raya Cicalengka – Padalarang
Jadwal KRB Bandung Cibatu Purwakarta

2. Dari Jakarta dsk
a. Jika menggunakan mobil pribadi via tol Cipularang ambil exit di Padalarang TImur (km 121). Lalu ikuti petunjuk di (1.a) di atas.
b. Jika naik kereta, kalau bisa turunnya di Cimahi saja. Lalu bisa lanjut pakai KRD sampai Padalarang dan lanjut lagi dengan ojol/taksol. Kalau tidak bisa turun di Cimahi berarti turun di Bandung. Dari sini bisa dilanjutin pakai KRD (1.d) atau taksol.
c. Jika naik travel, kalau tidak bisa minta turun di Padalarang berarti coba minta turunnya di BTC Pasteur. Lalu menyeberang dengan jembatan dan tunggu DAMRI (1.b) atau pakai taksol.

Sekian tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.